Feeds:
Posts
Comments

Archive for July, 2008

Tantangan Klub Berani Baking kali ini adalah * C.h.e.e.s.e B.i.sc.u.i.t.s * dengan Host mba Regina dan mba Swi.

Seperti tantangan ke 5, surat cinta dari tantangan ke 6 ini juga nangkring di spam folder, jadi saat liat milis dah mulai rame ngomongin surat cinta, segera liat email yg masuk spam dan memang benar itu surat cinta ada disana.

Baca resep tantangan ke 6 ini ada sedikit perasaan “kok tantangan kali ini beda bgt dg yg sebelumnya”, nyata berasa lebih simple dan gag ribed. Ngga banyak teknik khusus yg *wajib* diperhatikan spt saat tantangan banofee pie.

Alhamdulillah aku bisa ngerjain tantangan kali ini di awal waktu secara pas banget bahan2 yg diperlukan sudah ada karna kebetulan punya keju edam 450 gr yg rencananya mau aku bikin Chiz Stick. Satu bahan yg belum ada adalah biji wijen. Dan sayangnya sudah cari2 di beberapa tempat termasuk tempat andalanku carrefour, tetep aja biji wijen ini ga ada.

Karna menurut ibu host, ketiadaan si biji wijen ini bisa dimaafkan, jadi hari itu juga tgl 29 langsung aku kerjain dg mengganti biji wijen dengan pistachio. Klo pistachio siy gampang bgt nyarinya secara di sini gudangnya.

Jadi mulai lah dg resep dari KBB sebagai berikut

225g keju tua parut

125g mentega

125g tepung terigu

cayenne pepper

biji wijen

Cara:

Campur keju, mentega, tepung dan cayenne pepper bersama (remas) menggunakan ujung jari sampai tercampur rata dan adonan menyatu membentuk gumpalan. Siapkan loyang biskuit yang diolesi mentega. Bulatkan adonan kecil-kecil. Gulingkan beberapa bulatan ke biji wijen dan tekan-tekan di atas loyang dengan jarak yang agak lebar karena biskuit ini akan meleber saat dipanggang. (Kami—maksudnya tim dapurnya buku ini– menaburkan walnut ke atas biskuit dan ditekan-tekan sedikit ke atas biskuit, dan untuk penambahan warna yang kontras, kami juga menambahkan pistachio cincang). Panggang biskuit dalam oven yang sudah dipanasi terlebih dahulu dengan suhu 180C selama 15 menit. Simpan di dalam wadah kedap udara.

Laporan tahapan-tahapannya yg aku kerjakan sebagai berikut :

Keju yg aku gunakan adalah keju edam yg diparut dengan takaran sama persis sesuai resep karna setelah diicip2 rasa asinnya normal2 aja. Untuk butter saya biarkan dulu dalam suhu ruang, karna saya pikir kalo adonan ini nantinya harus digulingkan diatas pistachio maka paling ngga adoanan harus lumayan lembek, inget dg tantangan ke 5 yg mana butter hrs ditaro dulu dlm freezer maka adonan yg terbentuk kan jd remah2 kasar dan liat, jd utk tantangan ke 6 ini perlakuan butter harus sebaliknya.

Tepung sebelumnya aku sangrai, ini tips dr ibuku, ktnya untuk mendapat rasa cookies yg lebih renyah, maka sebaiknya tepung disangrai terlebih dahulu.

Kemudian untuk bubuk cabe yg aku pake cukup sedikit aja karna kepikiran yg bakal makan kan anak2 balita yg pd gag suka pedes.

Campur-campur semua bahan dg ujung jari hingga menggumpal, kemudian buat bulatan2 dan gulingkan bulatan2 ini diatas pistachio yg sudah dicincang kasar. Kebetulan untuk tahapan membulatkan dan menggulingkan adonan ke pistachio aku gag punya fotonya…lupa ngambil gambar hehehh

Setelah di gulingkan diatas pistachio kemudian diletakkan diatas loyang dg sedikit dipipihkan…beberapa bulatan atasnya aku kasih taburan keju parut.

Di proses pemanggangan, aku ga mematuhi resep yang seharusnya pake panas 180 drajat, tapi aku pake panas 140 drajat.

kenapa???

karna kondisi ovenku yg tingkat panasnya agak berlebih….beberapa kali bikin cookies dg panas 180 drajat selalu hasilnya gosong, jadi kali inipun aku gag berani pake panas segitu buat manggang cheese biscuits. Jadi aku panggang dg panas 140 drajat. Memang proses pemanggangannya jadi makan waktu lebih lama. Di 15 menit pertama saat aku liat, itu biscuits masih pucat warnanya, total pemanggangan sampe aku angkat dari oven sekitar 25 menit.

Untuk biscuitnya sendiri memang gag gosong cuma pistachio yg ada dipinggiran biscuit nampak gosong. Waktu baru aku keluarkan dr oven, agak deg-degan karna pas aku patahkan si biscuit kok rasanya kurang renyah….agak melempem, tapi ternyata setelah dingin jadi renyah banget sampe dalem-dalemnya. Duuuhhh senengnya, aku rasa siy tantangan kali ini bisa kutaklukkan.

Hiks jadinya dikit bgt cuma seperempat dari wadah tupperware ihihihi kuraaaannnnggg….

Setelah diicip-icip nyum..nyumm..kreess..kreess…renyaaahhh…garing….asinnya pas…menurutku lho ya 😉

Alhamdulillah bisa langsung dikirim ke ibu host dan dapet tanda *L.U.L.U.S* asyiiikkkkk….

Howkeyyhh dehh…mpe ketemu lagi ditantangan ke-7…..semoga berikutnya bisa dikerjain lebih baik lagi.

Nah sekarang waktunya blogwalking ke KBBers….meluncuuuurrrrr 🙂

btw buat temen2 yg d multiply maap yah gag bisa ninggalin komen coz gag punya akun di MP

Lam KBB,

ventin

Read Full Post »

feeling down???….. It’s a normal human emotions, we all have, isn’t it??
(more…)

Read Full Post »

This content is password protected. To view it please enter your password below:

Read Full Post »

nulis postingan ini sambil nyemil makanan ini sambil cengar-cengir getir

weeiiissss dramatiisir bgtss..

gemana gag getir…lah udah niat bikin camilan buat nyenengin orang rumah

eh lah dalah…hasilnya malah…

di mulai dari rizqi….’baru nyium bau dr makanan ini aja udah langsung geleng kepala’ ghyaaahhh mang napa siy kiiiiii….

trus baim….’mpe dipaksain di jejelin’ hasilnya malah pasang tampang mo muntah wakakakakk

bis tuh abi…’baru sesuap’ udah langsung bilang ‘cukup mi’

trakhir si mbak ta suruh nyobain, si mbak siy bilang ‘enak’ ehemmmm tp kayaknya ‘terpaksa’

ooohhhhh NOOOOOOOOO………………mimpi apa aku semalam……kok bisa siy bikin cemilan sendiri, dimakan sendiri, abisiiiiiinnn sendiri *nte dew mode:on*

omong2 mimpi…

aku suka heran…kenapa yah aku kok tiap tidur gampang bgt buat bermimpi

padahal ritual tidur dr mulai baca do’a sblm tidur, baca al ikhlas-an naas- al Falaq, baca dua ayat terakhir Al baqarah ama baca ayat kursyi dah dilakukan…

tapi kenapa msh aja suka mimpi

sepanjang malem ini aku mimpi makan es buah hihihi enak dong ya

ga ngerti knp…pdhl dah kebangun2 karna baim minta minum….pas tidur lg kok ya mimpi makan es buah dilanjutin…kikikikiikk ada2 aja!!!

yg bikin aku jd bertanya2….kenapa ya aku mesti mimpi makan es buah heheh

apa karna mesir lg panas-panasnya???? maklum puncaknya musim panas

biarpun udah pasang AC yg paling rendah….kok msh berasa panas yaaa…hausss muluuu

apa karna perasaan hauss itu mknya jd mimpi makan es buah yaaa hihhii

au ah gelap…ngapain juga mikirin mimpi

eh tp aku pernah ngobrol ama anak azhar…ada loh ilmu menafsirkan mimpi….pernah ditunjukin jg kitab yg ngebahas ttg itu….tp kalo aku pribadi siy ga minat buat tau begitu-begituan…males ahhh

ada yg pengen crita mimpi apa semalam????? hehehhe

eh tapi sebenernya boleh gag siy kita menceritakan mimpi ke orang lain….ada yg tau gag ttg ini

beteweh omong2 ttg camilan yg menggetirkan ituuuu

critanya 2 hr yg lalu br bikin makanan ini

(more…)

Read Full Post »

hai..hai..pa kabar yg dikatulistiwa….

lagi musim apah niiiiyy…

musim duren…musim rambutan….apa musim anggota DPR kena batunya…atw musim partai baru 😆

aiiihhh msh enak ngomongin musim durian kali ya…drpd ngomongin musim orang DPR yg nyeleweng

jujur capee…capeee…bgt baca berita … 😦

tp kenapa yaaa….slalu aja gag pernah lepas untuk “pengen tau ada apa dg katulistiwa hari ini”

dan lagi2 baca berita cuma bikin misuh-misuh… 😈

gmn ga misuh2…uang 6 Milyar serasa ga ada harganya…omg duit segitu gmn bentuknya siyyy….

teganya ….ga tau lg mesti ngomong apa…cm satu yg kuingat ttg sosok dibalik 6 Milyar,

apaaa cobaaa??? 😆

apalagi kalo bukan “alisnya” qiqiqiqi

bentuk alisnya aja segitu culasnya….aiiihhh dah dipenjara aja msh bisa ngatur strategi culas

ehemmm…musim partai baru…..asyiiikkk kita liat saja bakal ada lenong baru dg janji2 palsu….tp msh ada yg dipercaya kok…yg manaaa??? pelajari aja baik2 buat tau yg mana itu yg ga sekedar janji 😉

aarrrrghhhh….ini lg ngomongin apaaa siiyyy

apalagi bung…mba…dik…om…

sutralah ….cuma mo omong….kalo dimesir lagi musim mangga hihihi

mo ke minimarket mana aja………. atw mo ke supermarket sekalipun…yg lg berserakan ya ntu “mangga”

eemmmm summer dan mangga….emang pas bgt

dua pohon mangga depan aptmku jg bakal panen besar….sayang bgt pas aku minta tolong si bawwab buat manen itu mangga2…bawwabnya gag mau…

aku siy ngertilah knp gag mau….lah itu pohon mangga dua2nya punya bentuk susah buat dinaiki

dua2nya sama2 tingggiiii dg cabang yg jarang2….lurusss…mirip pohon kelapa “aneh”…ada siy cabang2 tp mendekati puncak…alamaakkk…ya susah dong ya mo manen mangga

padahal aku dah niat bgt….mo ta panen…abis tuh bagi2 paling ngga …bagi2 buat orang2 yg satu gedung ma aptmku…

hiks tp ya itu gagal panen karna ga ada yg sanggup manen

yo wes…mo nunggu mpe mangga2 itu jatuh baru bisa menikmati

sekarang dah ada bbrp yg pd jatoh…dan ternyata…rasanya ga semenggiurkan yg dibayangkan

gag gitu enak kalo sekedar ” dikupas” “potong-potong” ” taro piring” “rebutan makan”

engga…engga…gag bisa dimakan kayak begitu….gag enak sama sekali…

jadi pikir2 drpd mubadzir…kenapa engga kalo di bikin beginian…

“Duet Vanilla Ice cream – Mango Sorbet” kikikik kaya lagu aja…

apa aja tuh isinya…

jadi dimulai dg susunan paling bawah…ada potongan mangga kecil-2 trus taro potongan2 roti tawar…kucuri atasnya pake coklat yg dilelehkan trus atasnya kasih vanilla ice cream bis tuh selesaikan dg naroh mango sorbet terakhir kasih lg potongan mangga kecil2 …hemmm ini baru yummiiii

trus bikin sorbet mangga gmn caranya tuuhhh

emmm…guampang..pang…tinggal kupas 5 buah mangga ukuran sedang blender dg setengah gelas air, lalu masak mangga yg udah diblender ini diatas api…kasih gula mpe berasa manis…

ditempat lai kocok putih telur dr 2 butir telur mpe mengembang…masukkan kocokan telur ini kedalam mangga yg sedang dimasak diatas api sambil terus dimixer…jd nge-mixernya dlm kondisi mangga msh diatas api…pake api kecil aja…

truuusss dinginkan campuran mangga ini…setelah dingin taro dlm freezer…klo pengen dpt tekstur yg halus..tiap 1/2 jam adonan mangga di mikser…3x nge-mikser udah cukup..stlh kurleb 3 jam di freezer…dah siap dimakan dah itu mango sorbet..

trus bikin vanilla ice creamnya gemanaaa???

eheemmm klo yg ntu lebih guampang lg…

tinggal “beli” :mrgreen: kikikkikk…bisa siy bikin ndiri…tp lg males…

ok dwehhh selamat menikmati mangga…

tp kalo mangga yg kamu punya sejenis kaya ‘manalagi’ siy…gag perlu lah repot-repot begini

tinggal kupas…potong…makan…s.e.l.e.s.a.i…

kalo kamu punya cara lain gag makan mangga??? silakan di share aja hehe

Read Full Post »

Ladybugs Cupcakes

weiissss baru kena virus nih…

(more…)

Read Full Post »

ChiZ stick

Akhirnya kesampean jg bikin beginian

(more…)

Read Full Post »

Older Posts »