Feeds:
Posts
Comments

Archive for the ‘lomba masak-kbb warna-warni’ Category

Surpriseeee….bener2 surprise saat terima surat cinta dari Klub Berani Baking (KBB). Yup, ga nyangka aja surat cintanya begitu istimewa kali ini. Heheheh idenya oke bgt deh. Tantangan kali ini dibikin lebih menantang lg karna dibikin lomba untuk setiap anggota. Yang mana lombanya meliputi : Lomba Masak, Lomba Baking en Lomba Photography. Tuh kan keren bgt ga siy…seluruh anggota KBB yg menyebar diseluruh belahan dunia serentak dlm rentang satu bln berlomba menuangkan segala ide, kreatifitas, kecanggihan dalam hal Masak, Baking, dan jepret-menjepret. Keren…keren…keren….

Kok bisa siy tantangan kali ini bisa dibikin begitu???

Hehehe ini dalam rangka memperingati usia KBB yg udah 1 th. Wow, selamat deh buat KBB yg lg ultah…makin berjaya menjadi tempat yg indah untuk berbagi pengalaman, ilmu, curahan hati buat seluruh anggota2nya terkait dg dunia perkulinerandunia perbakingan.

Yuhuuuuu dan untuk meramaikan….kali ini aku ikutan 2 lomba. Satu lomba masak en satu lg lomba photography. Kenapa siy, aku milih lomba masak drpd baking??? trus pede bgt gitu loh ambil lomba photography….emang dah jago???

Pertama kenapa aku pilih lomba masak, karna buat aku yg tinggal jauh dari tanah air, bisa menelorkan masakan2 khas indo termasuk suatu kebahagiaan tersendiri. Secara tidak semua bahan2 baik itu jenis sayuran, rempah atw yg lain bisa ditemui di sini-di Mesir.

Kemudian untuk lomba photography…jujur ini event pertama yg aku ikuti terkait dg jepret-menjepret, tentunya jd tantangan tersendiri dwong untuk lebih banyak belajar lagi.

Ok dweh…untuk lomba masak aku memilih menu favorite aku en suami yg emang demen bgt dg makanan satu ini. Pokoknya asal masak ini, lauk yg laen gag laku en jangan heran kalo nasi jd cepet habis karna bawaan pengennya nambaaaaahhh terus.

Apalagi kalo bukan ” Buntil Daun Anggur”

Resep asli diambil dari Seri buku masak Femina ” Masakan dan Kue Indonesia”. Resep aslinya siy seharusnya pake daun talas…cuman karna sampe detik ini belon nemu daun talas di mesir…jadi ya aku ganti dg daun anggur. Trus kenapa hrs pake daun anggur siy…knp bukan yg lain. Awalnya siy timbulnya ide pake daun anggur karna seringnya temen2 disini pake daun anggur buat dibikin semacam lodeh gitu, pake santan. Dan pas aku pernah icip2, rasanya lumayan enak. Jadi aku pikir bisa juga nih dibikin buntil, makanan yg paling kami sukai. Jadilah daun talas diganti dg daun anggur.

Ini dia sumber resep yg aku adopsi

Howkeyyy frens….yuuukkk mari diliat apa aja yg aku lakukan biar Buntil ini bisa dinikmati sekalipun ada bbrp bahan yg susah dicari. Resep aslinya aku tulis pake warna hitam yeeee….trus untuk hal2 yg aku ganti pake warna biru.

Buntil Daun Talas ( Daun anggur)

Bahan :

12 lembar talas bogor atw talas yg tangkainya berwarna hitam(diganti daun anggur secukupnya pilih yg lebar)

1 butir kelapa yg agak muda, diparut (diganti dg kelapa kering 200 gr yg dimasak dg santan 250 ml)

150 gr ikan teri nasi asin, dicuci bersih kmdn ditiriskan (diganti 100 gr Ebi kering yg dihaluskan)

20 petai, dikupas dan dipotong (gag pake, mana ada pete di mesir heheheh)

daun pisang untuk pembungkus (gag pake)

Bumbu yg dihaluskan

1 cm kencur

1 cm jahe

15 butir jintan (gag pake)

2 sendok teh ketumbar

1 cm lengkuas

7 butir bawang merah (cukup 1 bawang merah coz di sini ukurannya gede bgt)

3 siung bawang putih

garam dan gula secukupnya

3 cabai merah

Untuk Kuah :

500 cc santan dari 1 butir kelapa (aku pake santan kalengan)

1 lembar daun salam

5 cabai merah

5 butir bawang merah (cukup pake 1 bawang merah uk besar)

2 siung bawang putih

1/2 cm kencur

garam dan gula secukupnya

20 butir cabai rawit (aku pake 10 butir aja)

Cara seperti yg tertulis resep asli begini :

  1. Cuci daun talas sampai bersih, kemudian jemur dipanas matahari sampai layu
  2. aduk kelapa parut bersama ikan teri, petai, dan bumbu yg sdh dihaluskan sampai rata
  3. bentangkan dan tumpukkan 3 lembar daun talas, taruh sebanyak 1/4 bagian dari adonan kelapa diatasnya. Tutuplah dg menumpuk 3 lembar daun talas lg, kemudian taruh lg 1/4 bagian dari adonan kelapa diatasnya.
  4. Lipat daun talas sehingga isi di dalamnya tertutup rapi, kemudian bungkus dg daun pisang. Kerjakan hal yg sama sampai adonan kelapa habis. Kukus dlm dandang selama 2-2 1/2 jam
  5. Untuk kuahnya, masak santan, daunsalam dan bumbu yg sudah dihaluskan sampai mendidih dna masak terus sampai santan kental
  6. hidangkan dg membuka daun pisang dan menuangkan kuah diatasnya.

Untuk cara yg aku lakukan begini :

  • Siapkan bahan-bahan yg dibutuhkan, berikut ini bahan untuk buntil dan untuk kuah

  • cuci daun anggur sampai bersih kemudian rebus dalam air sampai daun lunak. Ini dilakukan untuk menghilangkan rasa asam pd daun anggur, selain itu jg untuk mempercepat proses pengolahan

  • Karna cukup repot yg namanya nyari kelapa, kadang di carrefour ada ttp seringnya kosong, jadi aku pake kelapa kering yg dimasak dg santan kalengan hihihi udah mirip bgt dah ama kelapa parut dr satu butir kelapa. abis ituh nyiapin bumbu2 yg mo dihaluskan. Untuk jintan aku skip trus kencur seperti biasa harus mbedol dulu dari pot, kebetulan wkt ditengokin ibu mertua, dibawain kencur jd sebagian aku tanem dipot…cihuyyy…pada idup ;-).

  • Semua bumbu masukin aja ke “meat mincer”…langsung alus…praktis ya booo. Gitu juga dg Ebi, oya aku ga pake ikan asin yee soalnya yg ada di koperasi KBRI cm ebi kagak ada teri asin. Kemudian bumbu yg sudah dihaluskan ini dicampur dengan kelapa dan ebi yg sudah dihaluskan. Aduk rata

  • Siapkan 2 lembar daun anggur, taruh adonan kelapa diatasnya kemudian tutup dg satu lembar daun anggur. Lipat rapi dan ikat dg batang daun anggur.

  • Haluskan bumbu untuk kuah, masak bersama santan, cabai rawit serta daun salam. Kemudian masukkan bungkusan daun anggur, masak sampai mengental, kurang lebih selama 1 jam dg api kecil untuk mendapatkan buntil daun anggur yg empuk.

  • Buntil siap dihidangkan dan disantap dg empal goreng….nyem..nyem…nasi nambah…nasi nambah

Huwaaaahhh akhirnya selesai jg segala pernak-pernik untuk meramaikan lomba masak ini. Tak lupa aku pribadi pengen ngucapin makasih banyak buat Mba Arfi yg udah menerima aku sebagai bagian dari KBB lima bulan yg lalu….sungguh sebuah kebanggaan karna bisa menjadi bagian dari kalian hai para KBBers. Makasih juga buat ibu2 host untuk acara KBB warna-warni ini: Mba Arfi(lagi) dan Mba Dewi Oni. Yang terakhir sebelum dan sesudahnya makasih buat Ibu2 juri Mbak Ine dan Mbak Estherlita.

Salam Baking dan persahabatan untuk seluruh anggota KBB…hip..hip..huraaayyyy 🙂

Advertisements

Read Full Post »