Feeds:
Posts
Comments

Archive for April, 2008

Downtown

Hihihihi…malu nih mau nongol lg…abis kelamaan libur nge-blogna

eheeem gemana ya…aku jg gag tau kenapa jd mati gaya gini..

ya sutralah…daripada ga ada yg diposting ini aku mo share aja ttg wilayah downtown cairo.

itu lho klo di novel ayat2 cinta yg beken diceritain ttg midan tahrir, tempat fahri, aisha ama wartawan amerika ketemuan….eh bener gag siy…lupa2 ingat heheh

Ok then…

critanya siy awalnya kenapa sampe ke downtown gara2 rizqi ngompor2in temen2ku buat nyobain metro.

crita2 rizqi tentang metro bikin temen2ku pd ngences penasaran kepengen naik

jadilah kita janjian buat jalan khusus nyobain metro dan tentunya buat memenuhi hasrat si rizqi yg udah jd kompor.

Hari itu aku ama 3 temenku yg semuanya dah emak2 janjian jam 11.30 brangkat dr mahattah sakanat el maadi, dg sebelumnya jemput rizqi dl di sekolah. heheh emaknya payah, anak sekolah kok dijemput buat diajak jalan :mrgreen: …yey kan pelajaran juga…tentang kereta api heheh ngeleees

Tapi sayang disayang pas aku nelpon gurunya rizqi, ternyata rizqinya malah lg ada trip ke maadi library…wedew…mo diajak jln malah dah jalan2 duluan

Akhirnya kita berempat pegi tanpa rizqi naik metro arah mahattah sadat, daerah downtown. Ketemuan ama satu temen lg di Nile Hilton yg kebetulan temenku ini suaminya GM Hotel apaaa gitu didaerah Rhamsis. Nah karna temenku yg suaminya orang hotel ini mo dipindah ke Quwait, jd nya skalian critanya farewel party getho.

jam 12-an nyampe di mahattah sadat, emmm turun dari metro…langsung deh suasana mesir berasa bgt. Stasiun sadat ini emang desainnya nuansa mesir bgt. Alunan musik khas padang pasir, lukisan2 dinding gaya mesir kuno juga ada beberapa patung khas mesir kuno dibeberapa sudut stasiun. Cuma satu yg disayangkan, disini gag boleh ambil foto sama sekali, polisi2 mengawasi ketat, ketauan ambil foto….mending lari deh drpd kamera diambil….cih ga mau la yaaa

Nih pintu keluar bawah tanah di stasiun sadat…

Jadi keluar dari stasiun ini, langsung deh masing2 pada ngeluarin kamera, geli klo inget…kelakuannya udah kaya klub fotografi aja, jepret sana jepret sini…kaya gag inget aja klo udah emak2…enggaaaa tuuuuh.

Nongol dari pintu ini sejauh mata memandang….weks macet dimana2, parah emang traffic jam cairo…jadi inget jakarta.

Udara belum berasa panas bgt, maklum baru masuk spring, jadi ini crita jalan2 sebenernya udah basi…wong aktivitas bulan lalu jeh…

acara pertama langsung ke nile hilton ketemuan ama temen yg mo pindah ke Quwait, karna nile hilton bersebrangan jln ama stasiun sadat, terpaksa deh menembus kemacetan yg naudzubillah…

Dg gaya orang mesir…ngacungkan tangan yg di bentuk kerucut sambil keluarin mantra …suwayya…suwayya…maksudnya pelan2 mas…mbak…mo nyebrang nih susah…maap…permisi…

Nih klo mo tau kemacetan yg luar biasa…

Ini daerah yg orang nyebutnya dg midan tahrir, klo gedung yg di foto ini namanya muggama (tau dah tulisanna bener pa ngga). Muggama ini kantor tempat perpanjangan visa, jadi klo dah masuk ke gedung tua ini bakal ketemu orang2 dari berbagai negara, dg tujuan sama ‘dapetin perpanjangan visa’.


Klo yang berikut ini adalah gedung Egyptians Museum, Peninggalan mesir kuno yg diketemukan bersamaan dengan Mummy fir’aun disimpan dan bisa diliat disini. Disini ini kita bisa ngeliat orang yg merasa dirinya paling hebat bahkan mengaku sebagai Tuhan, teronggok tidak berdaya jadi tontonan orang2 dari seluruh penjuru dunia. Betapa Allah menunjukkan fakta yang diceritakan dalam Al Qur’an menjadi suatu kenyataan.

Berjalan sedikit kearah timur laut, kita melewati daerah yg disebut dg Midan Talaat Harb yg ditandai dg patung Talaat Harb. Talaat harb dikenal sebagai pendiri dari Bank Misr (egypt) th 1920, pendiri Egypt air dan Misr Studios. Talaat Harb adalah seorang strict muslim penentang gerakan emansipasi wanita, seorang penyair, inovator, seorang pejuang, penentang bunga pinjaman.

Klo foto kiri diatas itu patung talaat harb, klo sebelahnya foto pak polisi yg kecentilan “sadar kamera mode:on”

Diwilayah ini kita bisa ngeliat gedung Groppi dan cafe riche, yg pada th 1920 menjadi tempat yg paling dicari karna kesan elegannya dan yg paling dikenal orang adalah karna produk coklatnya. Pada saat masa pemerintahan pasha, hampir setiap traveler yg datang dari eropa dan akan balik pasti ga lupa mampir sini buat bawa oleh2 berupa coklat Groppi. Klo saat ini bayangan kejayaan groppi di masa lalu emang msh berasa, dan msh termasuk tempat yg oke untuk sekedar mampir unuk segelas kapuccino dg croissant hangat beserta selai mangga.


Untuk cerita berikutnya lebih pada foto2 narsis…jadi klo mo diliat ya monggo…asal jgn pada muntah aja.

ini habis acara farewel party ama temen yg mo pindah ke quwait plus ama suaminya

Sumber :

  • Jalan2 DownTown (foto hasil jepretan noreena)
  • Buku ‘Cairo The Family Guide, Lesley Lababidi kolaborasi dg Dr. Lisa Sabbahy

Read Full Post »

PaNaaas

Apaan nih yg panas
(more…)

Read Full Post »

Alhamdulillah ada yg perhatian ama aku, jauh2 dari jordan nglempar resep baut aku. Tau aja um yg cantik ini, klo aku gatel ama yg namanya baking. Belum mulai siy tantangan dari KBB, tapi udah ditantang duluan ama um ibrahim buat nyobain resep yg satu ini.
(more…)

Read Full Post »

Kenapa pake Jilbab

Gag nyangka ada yg ngasih aku tag, dulu waktu awal2 nge-blog suka binun kok bisa siy orang dapet tag…dapet award…, kepikiran siapa siy yg berhak ngasih award..tag…apa yg udah seniooor bgt atw gmn. halah…sekarang gag aku pikirin lg , yg penting sekarang ‘tulis’ tema tag nya..
(more…)

Read Full Post »

(more…)

Read Full Post »

Wekekekek balada…..
(more…)

Read Full Post »

Yihaaa aku pulang..
(more…)

Read Full Post »