Feeds:
Posts
Comments

Archive for the ‘karya dapur’ Category

Yippieee akhirnya ngerjain tantangan KBB lagi….secara tantangan yg lalu, aku absen gara-gara barang dari cairo belum nyampe Jakarta. Makanya pas ada email masuk dari KBB, langsung semangat. Awal minggu ke-2 langsung nguplek resep….set..set…semua di lewati dg lancar. Dari mulai bikin mud cake, cookies ampe ganache. Cuman pas mo diatur tuh si cake ma cookies….hihihihi…langsung nyengir kuda …lupaaaa boooo jepret-jepret step by stepnya hahahhaa…kacawww.

Eh diluar perkiraan, ternyata pada kesemsem semua ama mud cake yg di siram ganache….hari itu juga langsung tandas….malah minta dibikinin lagi. Jadi besoknya bikin lagi tuh Mud Cake ronde ke-2, yang ini emang sengaja ga pake di foto soalnya mo dimaem langsung. Mud Cakenya cantik eiyyy ga begitu kering seperti yg pertama, permukaan atasnya aja mulus bgt, di cetak juga rapih. Yang ke-2 ini kupakai suhu 160 drajat celcius dengan waktu pemanggangan sekitar 25 mnt. Keluar dari oven langsung abis di serbu…welehhh….

Mendekati deadline bikin lagi….jadi utk mud cakenya bikin ampe 3x hihihihiih. Kali ini bener-bener diinget buat njepret semua tahapan. Dimulai dengan membuat Cookies….kemudian Mud Cake…..lalu yang terakhir ganache. Berikut tahapan-tahapan yang aku lakukan…

Cookies

 

Bahan :

  • 250g mentega, (lunakan /lembekan dalam suhu ruang)
  • 330g brown sugar
  • 2 telur
  • 450g tepung terigu
  • 75g self-raising flour
  • 50g coklat bubuk
  • 2 sdm coklat bubuk, extra

Cara:

  1. Kocok mentega, brown sugar dan telur hingga tercampur rata. Pindahkan ke mangkuk besar, lalu masukkan terigu dan coklat yang sudah diayak, aduk rata. Uleni adonan menggunakan spatula, lalu pindahkan ke kertas roti dan di gilas di antara dua kertas roti hingga setebal kurleb 1/2 cm.
  2. Dinginkan adonan kulkas selama 1 jam, lalu panaskan oven 180 drajat celcius
  3. Cetak adonan yg sudah didinginkan menggunakan cookie cutter bulat ukuran kurleb 7 cm, lalu panggang diatas loyang yang dialas kertas roti selama 15 menit

 

Chocolate Mud Cake

Bahan:

  • 150g butter, potong kecil-kecil
  • 100g DCC (eating chocolate), cincang kasar/potong kecil
  • 220g gula kastor
  • 125ml air
  • 2 sdm coffee liqueur
  • 150g terigu
  • 2 sdm coklat bubuk
  • 2 kuning telur

Cara:

  1.  Campur mentega, coklat, gula, air dan air kopi (aku ga pake coffee liqueur tp pake kopi instant yg di cairkan dengan 1 sdM air), panaskan dalam panci dengan api kecil hingga tercampur rata.
  2. Pindahkan ke mangkuk, dinginkan lalu masukkan terigu dan coklat bubuk yang sudah diayak. Aduk menggunakan whisk, kemudian masukkan kuning telur, aduk kembali
  3. Masukkan adonan ke dalam loyang yang dialas kertas roti (aku pake satu loyang karna cuma bikin 1/2 resep)
  4. Panggang adonan mud Cake. Sebagai catatan kebetulan bikin mud cake ini ampe 3x. Mud Cake yg pertama aku pake suhu 180 drajat celcius selama 20 menit, hasilnya permukaan dan dalam cake cukup kering-renyah sekali. Mud Cake yg kedua kupanggang dengan suhu 160 drajat celcius selama 25 menit, hasilnya permukaan sangat mulus, saat di cetak pake cookie cutter hasilnya rapi sekali. Giliran mud cake yg ketiga hasilnya kurang memuaskan gara-gara lupa ngga check temperatur. Tau-tau temperaturnya dah 200 drajat celcius, jadi permukaan mud cakenya menggelembung di sana-sini. Saat di cetak dengan cookie cutter hasilnya ga begitu rapi.

Chocolate Ganache

  • 80ml cream
  • 200g coklat masak, potong kecil/cincang kasar

Tahapan akhir

  1. Olesi bagian bawah cookies dengan ganache, kemudian letakkan chocolate mud cake diantara cookies.
  2. Letakkan patron bentuk hati diatas cookies, taburkan coklat bubuk ekstra diatasnya

 

Advertisements

Read Full Post »