Feeds:
Posts
Comments

Archive for the ‘jalan2’ Category

Liburan dulu aahhh

Alhamdulillah…yg namanya rizki tuh emang bisa datang dari arah mana aja.

Aku sekeluarga yg lg agak bete gara2 perpanjangan visa yg ga kelar2….sementara uang ‘vacation allowance’ dr kantor msh buayaaakk bgt, istilahnya buat liburan ke benua sebelah aja msh cukup bgt buat sekeluarga. Tapi gara2 blon ada visa, terpaksa ga bisa kemana-mana, hanya sekedar ke Shar El Sheikh yg cm 4 jam pake kendaraanpun ga bisa karna kalo dah keluar cairokan kan mestinya ada check passpor….ga mau resiko ketangkep tanpa visa. Doain deh proses resident visanya bakal kelar secepatnya.

Eh tau2…abi disuruh berangkat ke Alexandria buat ikutan training survival. Boleh bw keluarga karna nginapnya jg di hotel yg lumayan oke…hehe ga cm lumayan sih…yessss………. Alexandria Hilton………

Jadwal acara si abi jg ga padat2 amat, siang jam 2an dah selesai jd abis tu bs jln2…..menikmati suasana laut mediterania…

Yuhuuuu…liburan dulu yaaaa…msh lama nih di Alex…mpe jumat boooo….dari kmrn sabtu, jd total seminggu liburan gratisss, dibayari kantor…

Crita2nya menyusul yaaa ­čśë

Read Full Post »

postingan ini kelanjutan dr yang ini, silakan ditengok kalo belum baca ­čśë

Pernah liat masjid Sultan Achmad ??

dimana tuh?

diturki tepatnya di istanbul

iiggghhh blon pernah ke turki ah.. *doain suatu saat bisa ke sana :-)*

Tapi alhamdulillah ga hrs ke Turki, aku bisa jg menikmati indahnya arsitektur ala Turki di Mesir

dimana ????

(more…)

Read Full Post »

Downtown

Hihihihi…malu nih mau nongol lg…abis kelamaan libur nge-blogna

eheeem gemana ya…aku jg gag tau kenapa jd mati gaya gini..

ya sutralah…daripada ga ada yg diposting ini aku mo share aja ttg wilayah downtown cairo.

itu lho klo di novel ayat2 cinta yg beken diceritain ttg midan tahrir, tempat fahri, aisha ama wartawan amerika ketemuan….eh bener gag siy…lupa2 ingat heheh

Ok then…

critanya siy awalnya kenapa sampe ke downtown gara2 rizqi ngompor2in temen2ku buat nyobain metro.

crita2 rizqi tentang metro bikin temen2ku pd ngences penasaran kepengen naik

jadilah kita janjian buat jalan khusus nyobain metro dan tentunya buat memenuhi hasrat si rizqi yg udah jd kompor.

Hari itu aku ama 3 temenku yg semuanya dah emak2 janjian jam 11.30 brangkat dr mahattah sakanat el maadi, dg sebelumnya jemput rizqi dl di sekolah. heheh emaknya payah, anak sekolah kok dijemput buat diajak jalan :mrgreen: …yey kan pelajaran juga…tentang kereta api heheh ngeleees

Tapi sayang disayang pas aku nelpon gurunya rizqi, ternyata rizqinya malah lg ada trip ke maadi library…wedew…mo diajak jln malah dah jalan2 duluan

Akhirnya kita berempat pegi tanpa rizqi naik metro arah mahattah sadat, daerah downtown. Ketemuan ama satu temen lg di Nile Hilton yg kebetulan temenku ini suaminya GM Hotel apaaa gitu didaerah Rhamsis. Nah karna temenku yg suaminya orang hotel ini mo dipindah ke Quwait, jd nya skalian critanya farewel party getho.

jam 12-an nyampe di mahattah sadat, emmm turun dari metro…langsung deh suasana mesir berasa bgt. Stasiun sadat ini emang desainnya nuansa mesir bgt. Alunan musik khas padang pasir, lukisan2 dinding gaya mesir kuno juga ada beberapa patung khas mesir kuno dibeberapa sudut stasiun. Cuma satu yg disayangkan, disini gag boleh ambil foto sama sekali, polisi2 mengawasi ketat, ketauan ambil foto….mending lari deh drpd kamera diambil….cih ga mau la yaaa

Nih pintu keluar bawah tanah di stasiun sadat…

Jadi keluar dari stasiun ini, langsung deh masing2 pada ngeluarin kamera, geli klo inget…kelakuannya udah kaya klub fotografi aja, jepret sana jepret sini…kaya gag inget aja klo udah emak2…enggaaaa tuuuuh.

Nongol dari pintu ini sejauh mata memandang….weks macet dimana2, parah emang traffic jam cairo…jadi inget jakarta.

Udara belum berasa panas bgt, maklum baru masuk spring, jadi ini crita jalan2 sebenernya udah basi…wong aktivitas bulan lalu jeh…

acara pertama langsung ke nile hilton ketemuan ama temen yg mo pindah ke Quwait, karna nile hilton bersebrangan jln ama stasiun sadat, terpaksa deh menembus kemacetan yg naudzubillah…

Dg gaya orang mesir…ngacungkan tangan yg di bentuk kerucut sambil keluarin mantra …suwayya…suwayya…maksudnya pelan2 mas…mbak…mo nyebrang nih susah…maap…permisi…

Nih klo mo tau kemacetan yg luar biasa…

Ini daerah yg orang nyebutnya dg midan tahrir, klo gedung yg di foto ini namanya muggama (tau dah tulisanna bener pa ngga). Muggama ini kantor tempat perpanjangan visa, jadi klo dah masuk ke gedung tua ini bakal ketemu orang2 dari berbagai negara, dg tujuan sama ‘dapetin perpanjangan visa’.


Klo yang berikut ini adalah gedung Egyptians Museum, Peninggalan mesir kuno yg diketemukan bersamaan dengan Mummy fir’aun disimpan dan bisa diliat disini. Disini ini kita bisa ngeliat orang yg merasa dirinya paling hebat bahkan mengaku sebagai Tuhan, teronggok tidak berdaya jadi tontonan orang2 dari seluruh penjuru dunia. Betapa Allah menunjukkan fakta yang diceritakan dalam Al Qur’an menjadi suatu kenyataan.

Berjalan sedikit kearah timur laut, kita melewati daerah yg disebut dg Midan Talaat Harb yg ditandai dg patung Talaat Harb. Talaat harb dikenal sebagai pendiri dari Bank Misr (egypt) th 1920, pendiri Egypt air dan Misr Studios. Talaat Harb adalah seorang strict muslim penentang gerakan emansipasi wanita, seorang penyair, inovator, seorang pejuang, penentang bunga pinjaman.

Klo foto kiri diatas itu patung talaat harb, klo sebelahnya foto pak polisi yg kecentilan “sadar kamera mode:on”

Diwilayah ini kita bisa ngeliat gedung Groppi dan cafe riche, yg pada th 1920 menjadi tempat yg paling dicari karna kesan elegannya dan yg paling dikenal orang adalah karna produk coklatnya. Pada saat masa pemerintahan pasha, hampir setiap traveler yg datang dari eropa dan akan balik pasti ga lupa mampir sini buat bawa oleh2 berupa coklat Groppi. Klo saat ini bayangan kejayaan groppi di masa lalu emang msh berasa, dan msh termasuk tempat yg oke untuk sekedar mampir unuk segelas kapuccino dg croissant hangat beserta selai mangga.


Untuk cerita berikutnya lebih pada foto2 narsis…jadi klo mo diliat ya monggo…asal jgn pada muntah aja.

ini habis acara farewel party ama temen yg mo pindah ke quwait plus ama suaminya

Sumber :

  • Jalan2 DownTown (foto hasil jepretan noreena)
  • Buku ‘Cairo The Family Guide, Lesley Lababidi kolaborasi dg Dr. Lisa Sabbahy

Read Full Post »

Yihaaa aku pulang..
(more…)

Read Full Post »

Laporan ttg ‘jejak keluarga Rasulullah dicairo’ tunda dl yah…lg tergelitik ma yg lain nih…

Gara2 koneksi internet d rmh down, aku jd kelimpungan ndiri *belagu┬áserasa blogger terkenal aja* , engga sih soalnya lg nunggu berita dr pak aep ttg artikel yg mo dikirim ke emailku, juga lg nunggu jwbn dr klub ini, susahnyaaa mo jd member….hiks

Nah gara2 nyari ‘markaz internet'(wong mesir nyebutnya begitu utk warnet), aku dianter sopirku mpe mblusuk-mblusuk ke daerah perkampungan baladi. Ada pemandangan menarik saat melewati perkampungan ini, banyak bgt ‘semacam warung kopi’, dimana orang2 pd duduk sante…sambil asyik merokok. Tp ini bukan sembarang merokok… *apaan si yg ada jg ‘jgn sembarangan merokok hi3x*

Yah krna cara mereka menikmati rokok memang sedikit berbeda, sebenarnya sih bukan barang baru, cara ini udah lama. Cuma pergeseran status┬ácara menikmati rokok┬álah yg mulai berubah. Yg mo kucritain cara merokok ini adalah ttg sisha….dah pernah denger ???

Asal muasalnya sisha, khususnya penikmat sisha awalnya hanya orang2 dari kalangan kelas bawah, para buruh, atau malah pengangguran yg emang ga da aktivitas. Mereka akan duduk berlama-lama sambil menikmati sisha. Namum skrng penikmat sisha makin meluas dan menjadi semacam trend di kalangan orang kelas atas.

Ahggg dari td crita sisha…sisha aja, emang apaan sih sisha…

Sisha atau dikenal jg dg sebutan Hookah tmsk salah satu cara menikmati rokok melalui semacam gelas piala, dmn dlm proses penghisapan tembakau ini akan melewati air sebagai filternya. Ini dia penampakan sisha atw hookah

shisha.jpg

Dalam sebuah majalah yg kebetulan baru aku baca, ada liputan ttg sisha. Diceritakan bahwa, pergeseran sisha menjadi semacam trend di kalangan kelas atas ini lg booming. Beberapa cafe, sengaja khusus menyediakan alat2 ini. mereka bahkan memanjakan pelanggannya dg tdk hanya *sekedar menhisap tembakau*, malah mulai di permanis dg menambahkan aroma tertentu spt mint, melon, apel, strawberry.

Ada sebuah cafe yg terkenal, dimana pelanggannya para lelaki dr kalangan standar sosial-ekonomi kelas atas. Yg datang kesana dari mulai bankers, engineers dr berbagai company, lawyers and judges, politicians dan banyak lg dr kalangan yg tajir2. Cafe ini terletak di daerah Dokki, disebuah ujung gang kecil di jalan Soliman Gohar. Tempat ini selain menjadi tempat favorit untuk menikmati sisha tp jg menjadi arena untuk bersosialisasi, berdiskusi, nonton TV, khususnya nonton tim sepakbola favorit mereka.

 dsc_2347.jpg

****Sumber: hasil mblusuk2 di perkampungan baladi n majalah what women want

Read Full Post »

Ini adalah oleh-oleh dari jalan2….emmm jgn jalan2 deh, tepatnya menelusuri jejak keluarga Rasulullah di Cairo. Sudah jd jadwal tetap buat kelompok pengajian ibu2 Maadi untuk wisata religius sekali dalam sebulan. Setelah sebelumnya wisata ke Al Fayyum, sebuah kota bentukan Nabi Yusuf as.

Perjalanan dimulai jam 10 pagi, didampingi pak aep, ustadz yg biasa ceramah di pengajian, sayangnya saat acara ini, cuaca ga begitu bagus. Disamping emang lg puncaknya musim dingin, ditambah lg gerimis……dingin bgt.
(more…)

Read Full Post »

metro egyptIni udah yg ke 3 kalinya rizqi minta naik MeTro, yah walopun tiap hari liat kereta lewat melalui YouTube, tetep aja siprecil satu ini nagih pengen naik kreta.

Akhirnya diturutilah keinginan siprecil rizqi, waktu pertama kali naik metro sih msh dianter temenku yg dah┬á20 thnan tinggal diMesir, jalur yg dilalui dari mahattah—-(lupa namanya) trus turun di Mahattah (stasiun) Mubarak

Naik Metro yg kedua dimulai dari mahattah Zahra. Naik Metro yg kedua ini yg agak2 oon, pake salah ngambil jalur. Harusnya sih mau turun di El Maadi (road 9), eh ga taunya malah menyusuri cairo mpe jauh bgt…..buntutnya ya turun di Mubarak, dari mubarak baru naik lg ke El Maadi (kapan2 ta critain deh perjalanan gokil nan seru ituh)

Kali ini yg pengen aku share jalan-jalan dari stasiun Hadayek El Maadi………
(more…)

Read Full Post »