Feeds:
Posts
Comments

Archive for the ‘Ngintip Dapurku’ Category

Yippieee akhirnya ngerjain tantangan KBB lagi….secara tantangan yg lalu, aku absen gara-gara barang dari cairo belum nyampe Jakarta. Makanya pas ada email masuk dari KBB, langsung semangat. Awal minggu ke-2 langsung nguplek resep….set..set…semua di lewati dg lancar. Dari mulai bikin mud cake, cookies ampe ganache. Cuman pas mo diatur tuh si cake ma cookies….hihihihi…langsung nyengir kuda …lupaaaa boooo jepret-jepret step by stepnya hahahhaa…kacawww.

Eh diluar perkiraan, ternyata pada kesemsem semua ama mud cake yg di siram ganache….hari itu juga langsung tandas….malah minta dibikinin lagi. Jadi besoknya bikin lagi tuh Mud Cake ronde ke-2, yang ini emang sengaja ga pake di foto soalnya mo dimaem langsung. Mud Cakenya cantik eiyyy ga begitu kering seperti yg pertama, permukaan atasnya aja mulus bgt, di cetak juga rapih. Yang ke-2 ini kupakai suhu 160 drajat celcius dengan waktu pemanggangan sekitar 25 mnt. Keluar dari oven langsung abis di serbu…welehhh….

Mendekati deadline bikin lagi….jadi utk mud cakenya bikin ampe 3x hihihihiih. Kali ini bener-bener diinget buat njepret semua tahapan. Dimulai dengan membuat Cookies….kemudian Mud Cake…..lalu yang terakhir ganache. Berikut tahapan-tahapan yang aku lakukan…

Cookies

 

Bahan :

  • 250g mentega, (lunakan /lembekan dalam suhu ruang)
  • 330g brown sugar
  • 2 telur
  • 450g tepung terigu
  • 75g self-raising flour
  • 50g coklat bubuk
  • 2 sdm coklat bubuk, extra

Cara:

  1. Kocok mentega, brown sugar dan telur hingga tercampur rata. Pindahkan ke mangkuk besar, lalu masukkan terigu dan coklat yang sudah diayak, aduk rata. Uleni adonan menggunakan spatula, lalu pindahkan ke kertas roti dan di gilas di antara dua kertas roti hingga setebal kurleb 1/2 cm.
  2. Dinginkan adonan kulkas selama 1 jam, lalu panaskan oven 180 drajat celcius
  3. Cetak adonan yg sudah didinginkan menggunakan cookie cutter bulat ukuran kurleb 7 cm, lalu panggang diatas loyang yang dialas kertas roti selama 15 menit

 

Chocolate Mud Cake

Bahan:

  • 150g butter, potong kecil-kecil
  • 100g DCC (eating chocolate), cincang kasar/potong kecil
  • 220g gula kastor
  • 125ml air
  • 2 sdm coffee liqueur
  • 150g terigu
  • 2 sdm coklat bubuk
  • 2 kuning telur

Cara:

  1.  Campur mentega, coklat, gula, air dan air kopi (aku ga pake coffee liqueur tp pake kopi instant yg di cairkan dengan 1 sdM air), panaskan dalam panci dengan api kecil hingga tercampur rata.
  2. Pindahkan ke mangkuk, dinginkan lalu masukkan terigu dan coklat bubuk yang sudah diayak. Aduk menggunakan whisk, kemudian masukkan kuning telur, aduk kembali
  3. Masukkan adonan ke dalam loyang yang dialas kertas roti (aku pake satu loyang karna cuma bikin 1/2 resep)
  4. Panggang adonan mud Cake. Sebagai catatan kebetulan bikin mud cake ini ampe 3x. Mud Cake yg pertama aku pake suhu 180 drajat celcius selama 20 menit, hasilnya permukaan dan dalam cake cukup kering-renyah sekali. Mud Cake yg kedua kupanggang dengan suhu 160 drajat celcius selama 25 menit, hasilnya permukaan sangat mulus, saat di cetak pake cookie cutter hasilnya rapi sekali. Giliran mud cake yg ketiga hasilnya kurang memuaskan gara-gara lupa ngga check temperatur. Tau-tau temperaturnya dah 200 drajat celcius, jadi permukaan mud cakenya menggelembung di sana-sini. Saat di cetak dengan cookie cutter hasilnya ga begitu rapi.

Chocolate Ganache

  • 80ml cream
  • 200g coklat masak, potong kecil/cincang kasar

Tahapan akhir

  1. Olesi bagian bawah cookies dengan ganache, kemudian letakkan chocolate mud cake diantara cookies.
  2. Letakkan patron bentuk hati diatas cookies, taburkan coklat bubuk ekstra diatasnya

 

Read Full Post »

myphoto(3)

KBB11logo-MayJune09

YES!!! akhirnya kembali nge-blog, setelah sekian lama blog ini mati suri hiyaaa, daaaannnn semua ini berkat klub tersayang “Klubberanibaking”.

Yup,kalo gag ada keharusan bikin laporan tantangan…mungkin blog ini gag bakalan di sentuh hehheh.

Ok back to tantangan KBB. Tantangan kali ini datang tepat di awal musim panas. Bayanganku pastinya bakalan bikin yg syeger-syeger nihh…sambil nemenin precils yg ampir tiap pulang sekolah maenan air, mulut sibuk masukin yg syeger…bwehehehe cucok dah

DSC_1764

DSC_1769

eehh lah dalah…melesettt…ternyata bikin makanan yg judulnya bikin aku puyeng…susah bacanya booo… ONBITJKOEK….iki cara macane piye thooo…ra mudeng jeh. Dan makanan dg nama sesusah ini mengejanya ternyata ‘asli indonesia!!!’ woooww gag nyangka. Heheh ternyata karna peninggalan wong londo alias Belanda.

Seperti tantangan sebelumnya, semangat ngerjainnya.  Palagi khusus tantangan kali ini di daulat sama mbaku cayang ‘Jeng Lia’ buat nemenin jadi host. Aiiihhh sweneng lah tentunya, pengalaman baru.

Tgl 6 dah masuk dapur, ngerjain tantangan yg ternyata…guampangeeee polll, pet-cepet dah kelar…iihhh seneng. Mana hasilnya…uuhhhggg syukaa aromanya deh. Tp yg suka cm aku hiihihi,smua yg di rumah menolak untuk mencoba gigitan berikutnya, cukup gigitan pertama aja hahhah. Maappp lohh yaa…ini cm karna selera berbeda aja.

Mo langsung laporan, berhubung jd host malu dunk ah kalo laporan mepet. Tapi bener2 musibah, internet ga da koneksi samsek, ada apa gerangan. Setelah cek ricek, aneh bin ajaib….inetku dah di putus, tanpa pemberitahuan apapun, dan infonya….kami dah mengajukan pemutusan katanya…

Bener2 ngeselin…karna setelah di cari tau,tnyta yg mengajukan pemutusan orang lain dan petugasnya salah memasukan akun kami…iihh bener2 teledor. Dan parahnya, nunggu mpe pulih kembali setelah 2 minggu…ampuuuunnnn mo nangisssss. Yg kebayang wajah mba Lia…hhuuhuhu mbaaa maapkaaann dakuwww. Ngenet di luaran bener2 butuh perjuangan eiyyy…susah boooo

Untungnya 2 minggu kemudian dah pulih, jd bs bantu2 mba lia yg kebetulan banged kudu keluar kota…aahhhh …

Detik-detik terakhir menjelang tuntasnya tantangan…kok ya inetku down lagiii….beteeeee….tp untungnya bs terkendali, jd msh bs bantuin mba Lia lagi…duuhh mba Lia…dikaw pasti cape yahh…sini ku pijitin…maaf ya mba…diriku gag banyak membantu nihhh…hikss

HWALAH!!!!! banyakan ngocehnya yak….hahhah maklum dah lama gag ngeblog jd nyrocos begini…

Okeyyy dehh INI LAPORANNYA!!!! untuk resep lengkap ada di blog Klubberanibaking

myphoto(4)

Bahan

Untuk bahan, hampir smua ada…eh kecuali bumbu rempah yg sempet gagal nyari. Tadinya dah mo ku ganti dg bumbu spekoek, tp bbrp teman Kbb bilang katanya kalo pake bumbu spekoek, rasanya jd kurang nendang, jadi ku coba nyari lagi dan sippp bangeddd dapet euyyy. Untuk kenari aku ganti almond cincang, soalnya bener2 gag nemu kenari. Trus kutambahin raisin, pengen tau aja rasanya jd gmn.

myphoto(5)

Cara

Pengerjaan juga samasekali gag ada kendala. Simple banged, cuma kocok telur dg gula palem sampai kental kemudian masukkan tepung yg sdh di campur dg bumbu rempah, aduk rata dan masuk dalam loyang loaf. Aku pake loyang ukuran 25x10x6, adonan pas banged di loyang ini.

Sedikit masalah saat pemanggangan, ovenku mati 2x kayaknya sih karna pake suhu rendah 150 drajat. Tapi untungnya setelah itu lancar, karna ku pelototi terus jd tau pas mulai mati. Seperti resep, di menit ke-20 kukeluarkan dan langsung tabur2 almond. 15 menit kemudian, dah mateng deh si Onbitjkoek.

keluar dr oven….wuuiiiiiiii….aromanya boowww….mengundang seleraaa.

Hasil akhir

Yaaaa….. LULUS DUNK AHH!!!! hihihihi

KBB-11 Lulus(4)

Emmm berhubung orang rumah gag ada yg doyan ini panganan, alhasil aku sendiri deh yg ngabisin hahhaha. Dari mulai sarapan, nyemil siang mpe ngupi di sore hari…Onbitjkoek selalu menemani wekekkeke…mabok dah!!!

Dan saat ngerjain laporan ini, baru ingat, kenapa Onbitjkoek ini gag kukirim ke jalan mohammed fatih yaa…di sana kan ada mba Mira, suami beliau pak Witcher kan orang belanda. Arrrgggghhhh….nyesel deh gag ngirim hasil ke beliau,pdhl kan jadi bisa di komenin nih rasanya si Onbitjkoek. Besoklah kalo nyobain bikin lagi…huahahhah tenane mo nyoba bikin lagi!!!!! :-p

Read Full Post »

dsc_0689

logo

Hemm gag terasa dah masuk tantangan ke-10, dan tantangan kali ini sebenernya cukup bikin semangat karna temanya ‘dessert’. Setelah tantangan yg lalu yg cukup menguras tenaga dan otak cieeee….tantangan kali ini kalo ngliat resep sih nampaknya sangat mudah untuk di kerjakan.

Cuman lagi-lagi kenapa ya penyakit ngerjain di mepet waktu lagi-lagi terulang..hadoh..dan kena batunya. Saat dah selese tinggal kirim laporan, ternyata hrs keluar kota, untungnya sempet kirim fotonya dl ke ibu host. Cuman emang dah ga sempet  lg bikin postingan hiks maap dah ga keburu lg….

Sialnya agak sulit juga buat internetan huhuhuu gmn nihhh…puyenggg…akhirnya kirim sms ke mba lia-angels(makasih mba lia)…nitip pesan utk bu mods dan bu host yg isinya ijin posting terlambat dan tentunya mohon maap bgd…yg begini ini bikin bu host jd repot…maapppppp…nyesel bgt deh 😦

Oke deh kembali dg laporan hasil pergumulan dg resep. Secara garis besar emang ga ada mslh yg berarti selama ngerjain tantangan ini. Cuman emang sedikit tertantang utk ndapetin vanilla batang. Dan demi vanilla batang ini sampe bela-belain nguplek pasar traditional mesir hihihiihi paling engga ada alesan buat jalan2 sekalian cuci mata hahhaha. Cuman sayangnya gag nemu jadi ya sud…pake vanilla bubuk sprt biasa lagi.

Oke deh temen-temen…monggo dinikmati laporannya 😉

Untuk resep aseli, silakan diintip aja di blognya KBB

mosaic4767513

Minted Shortbread Sticks

Untuk biskuitnya aku cuma bikin setengah resep, dengan bahan yg gag sesuai resep cuma si vanilla bean itu. Trus untuk daun mint aku pake sekitar 15 lembar.

Pengerjaannya cukup mudah, cukup mencampur semua bahan : icing sugar, semua tepung, mentega, biji vanili dan mint di dalam mangkuk dan aduk rata. Kemudian dengan dialas baking paper, adonan di gilas sampe ketebalan kurleb 1 cm, lalu potong memanjang dan panggang dengan suhu 150 drajat celcius selama 25 menit.

Hasilnya kresss bangedddd…cm rasa mintnya msh blon menggigit nih..

Caramel Pots

Untuk pengerjaan caramel pots…alhamdulillah gag ada masalah juga…lancarrrrr. Termasuk bikin caramelnya, menurutku membuat caramel dg menggunakan resep ini cenderung lebih mudah dan hasilnya sama sekali gag gosong ataupun berkerak. Asalkan memang harus sabar tetap pake api kecil.

Sambil bikin caramel sekalian manasin cream dan susu…tp kebablasan nih..mpe hampir mendidih…buru2 matikan dan kocok susu kedalam caramel. Kemudian sisihkan. Selanjutnya mengocok kuning telur sampe kental, lalu Tuangi sedikit demi sedikit dengan karamel panas tadi sambil di kocok dg speed rendah.

Terakhir masukan dlm ramekin cm muat dlm 3 ramekin dan panggang Au Bain Marie dengan suhu 160C selama 30 menit

Hasil Akhir

Hasil akhir setelah pemanggangan, agak ragu nih secara punyaku kok msh lunak banged yaahh…malah cenderung kental….apa ini berarti blon set kah?

Ga sempat menikmati hasil akhir dg tenang karna keburu pergi…langsung caramel potsnya msk kulkas dan shortbreadnya msk kotak mknan.

Baru skrng setelah pulang bisa menikmati si shortbread yg dicocol dg caramel pots beramai-ramai pake rebutan nyocol hehhehe

Thanks banged buat bu host dan bu mods yg cantik….sekali lg maaf banged karna telat begini…


Read Full Post »

Hihihiih gara2 di buletin Dharma wanita cairo ada info ‘yg ultah bln maret’…yess tau dah bune aka tetangga terbaikku ‘mpok yossi’ ultah hehhe

Dah niat bgt pengen bikin kado dg hasil olah tanganku sendiri cieee…maksudnya biar dibikin pake cinta..halah…loh iyaa…kalo beli sih gampang bgt…tinggal ngacir aja ke gift shop…beres deh…hitungan menit dah siap antar.

Mikir2 dah pastilah yg bisa ku bikin ya cake…apalagi…masak lauk hahhaha…

Emm cakenya dibikin tema apaan yaaa…sempet kepikiran mo bikin cake bertingkat yg dibikin miring2…baca milis ncc sempet hangat ngomongin cake ini…tapi urung 😦 msh blm pede…ya sud…cake yg simple aja…yg penting nuansanya dewasa gitu…hihiih bkn ABG lg kan buww..

Jadi pilih warnanya dominan maroon aja biar terkesan elegan…bleh…apa dapet tuh kesan elegannya…lah mbuh…monggo diliat aja…

myphoto(nelongso cm punya foto ini thok..cakenya ga punya foto dg pose yg lain)

Habis acara dekor…sprt biasa…precil2 dah pd ribut…eh ributnya pas mulai ngedekor sih…pengen nimbrung…

Dg dijanjiin ‘boleh ikutan dekor cake asal cake yg lg umi kerjain biar di selesein dl’…akhirnya berhasil ‘mengusir mereka dr dapur :mrgreen:

Tapi bolak-balik nanya “dah selese mi..cakenya?”…arrggghhhh

Jadi pas cakenya msk box..langsung deh pada sorak gembira…time for playing with BC..huh…

Dah wanti2…ga ada yg main2 dg BC…boleh pake BC tp buat ngehias cake (kbtln bikin cake jg utk sendiri)…

Awalnya pada nurut tuh spuit2 BC di piring…dipiring aja…dua2nya ga ada yg mau langsung nyepuit ke cake…ya sud…malah sipkan…cakenya selamet ngga babak belur di hajar kiki-baim pake BC…

Menit-menit awal sangat menyenangkan…ketawa2…ngrasa hebat dah bisa ngeluarin BC dr piping bag…msh rapi…gag belepotan

Menit berikutnya kutinggal beberes sebentar…dan terjadilah..

myphoto7

myphoto8

huwaaahhh langsung tanduk muncul…udah mo marah aja…tapi ngliat tingkah baim malah jd kepingkal2…hihihi creambath pake BC ya gah…

Ngga jd marah mending jg ambil kamera…langsung mengabadikannya dlm jepretan…


dsc_0678

huhuhu tapi BCnya jd mubazir yah 😦

Catatan:

  1. Cakenya TCCC heheh msh jd paporit
  2. Dekor : BC dan Cokelat modeling
  3. Dapetin warna maroon ini bener2 untung2an..campur2 dr warna biru muda..dibawa ke ungu dg dicampur warna violet (tnyt punya pewarna bubuk merk chefmaster bs utk coklat)…trus kasih coklat modeling yg warna coklat dikit…trus kasih warna merah…tdnya agak kusam nih…tp setelah diksh warna kuning dikit…jadi cerah deh si warna maroon hehehhe


Read Full Post »

Musim dingin…nampaknya dah mulai meninggalkan cairo…

Kurasa sih begitu…udara  yg mulai menghangat tiba2….matahari nongol mpe sore…dan kuncup bunga musim semi mulai bermunculan. Musim semi di cairo bs dibilang cm sekejap mata…tau2 udara yg menghangat berubah panas…dan musim sdh berganti

dsc_0442

Hemmm gag terasa waktu berlalu begitu cepat…merayap dg kejutan2 yg indah dan sesekali muram…

2x musim dingin dah kulewati di negri ini…mengawali tiap pengalaman baru  dan tentunya InsyaAllah akan melewati kembali musim panas seperti tahun lalu.

Tiba2 jadi ingat ketika pertama kali menjadi bagian dr cairo, pemandangan pertama yg aku liat yaa…Nile…

Yup itu dia sungai nil…

sungguh aku gag ada hubungan apa2 dg Nil tapi entah kenapa tiap kali melihat nil hati ini menjd melow..

teringat pertama kali menginjak bumi cairo, 2 minggu yg melow dilingkungan baru, ,dg pemandangan sehari2 sungai Nil.

Saat itu kami diinapkan sama kantor abi di sebuah hotel di pusat kota, dengan kamar tepat menghadap sungai nil.Tiap hari mengamati kapal2 kecil yg berseliweran… mematung melihat padatnya jalanan. Dan saat malam, terbengong di balcony disapa kilatan cahaya gemerlap dr floating restaurant.

Ngga tersirat sedikitpun kala itu utk pengen makan di sana…justru keinginan yg paling diinginkan adalah bisa makan makanan masakan sendiri sekalipun itu cukup indomie hahahhahahha

file0319

file0322

file0307

processor

file0333(foto kenangan diambil dr   room 1816 Rhamsis Hilton)

sekalipun bs memandang nil setiap hari, mo makan tinggal angkat gagang telpon, kamar kotor tinggal gantungin kartu di gagang pintu….

aaahhhh sungguh gag ada yg lebih nikmat selain merebahkan punggung di kamar yg bisa kusebut ‘kamarku’…kamarku dalam sebuah tempat yg bs kusebut ‘rumahku’…dmn aku bs melakukan apapun yg kumau…

termasuk….bs mencicipi kue lumpur hangat langsung dr ovenku…lekkerrrr

dsc_9740

Resep Kue Lumpur

Bahan:

  • 250 gr kentang, kukus dan haluskan
  • 2 btr telur ayam
  • 40 gr gula pasir
  • 50 gr terigu
  • 100 ml fresh milk
  • 40 gr margarin, cairkan dg sdikit vanilli
  • kismis

Cara :

  1. Kocok telur + gula mpe kaku, masukkan kentang halus en terigu, aduk rata.
  2. Masukkan susu cair en margarine cair, aduk rata
  3. Tuang adonan dlm cetakan cupcakes yg dah dialas papercup, beri kismis dan panggang 30 mnt 180 drajat celcius.

Read Full Post »

lunapic-1236234143566622

(more…)

Read Full Post »

msh seputar bekal snack qiqi…udah pastilah yg simple, cepat tp yummi..
(more…)

Read Full Post »

Older Posts »